PILIH BAHASA

KAMEN RIDER HIBIKI DAN KONTROVERSINYA

|| || ,, || 3 tanggapan

 http://img332.rockyou.com/imagehost/14/14707/14707521/14707521_daa4f21e1233513976_m.jpg
Setelah sekian lama tidak menulis tentang toku, saya sempatkan waktu untuk mengisi blog ini kembali. Langsung saja, kali ini saya akan berbicara mengenai Kamen Rider yang paling banyak dibenci dan dihujat fans (terutama si Indonesia), Hibiki, yap Hibiki sang Oni. Bagi saya Hibiki sangat menarik untuk dibicarakan, terutama dengan segala kontroversinya.

Disini saya tidak akan berbicara mengenai story dan segala jalan cerita atau review dari Kamen Rider ini, karena sudah banyak yang menulisnya, dan kalau mau bisa lihat di wikipedia. Disini kita akan menelaah sedikit mengenai kontroversi-kontroversi, spekulasi dan mengapa banyak yang tidak suka dengan Hibiki.

Misteri Makamou
Sepertinya sudah banyak yang tahu bagaimana jalan cerita dari Kamen Rider ini, yakni perjuangan para Oni untuk melawan Monster.  Yang unik para Oni atau Kamen Rider ini tersebar di beberapa wilayah dan saling bekerjasama untuk melawan monster yang disebut Makamou. Lawannya pun tidak kalah unik, dimana biasanya berpasangan antara laki-laki dan wanita dengan suara yang terbalik diseburt douji dan hime, tidak ada organisasi dibelakangnya seperti musuh dari Kamen Rider-Kamen Rider yang lainnya. Jadi kamu tidak akan menemukan organisasi jahat seperi Shocker atau ZECT. Kecuali pada akhir-akhir episode yang menunjukkan ada Makamou yang menciptakan dan memerintah Douji dan hime. Selain itu ada monster-monster raksasa, yang disebut Giant Makamou, biasanya diantara 1 pasangan douji dan hime ada 1 monsternya.
Nah disinilah keunikan itu muncul. Saat pertama kali keluar di film, douji dan hime adalah makamou yang menyerang manusia atas keinginan sendiri dan kemudian para Oni memburunya. Tetepi si akhir-akhir atau pertengahan film, diperlihatkan makamou yang lebih kuat, mampu menciptakan Makamou jenis baru dengan menggunakan semacam serum/obat, beberapa bahkan menjadikan Makamou menjadi sangat kuat dan untuk menglahkannya harus dengan dikeroyok bersama-sama. Disinilah muncul sebuah pertanyaan, apa tujuan dari makamou tersebut?
Cukup susah menganalisanya, karena memang banyak yan bilang kalau cerita Hibiki ini kurang jelas dan kurang panjang. Tapi bagi saya Hibiki sudah berakhir dan cukup memuaskan.
Untuk makamou, pada akhir cerita digambarkan kalau mereka belum mati, hal ini ditunjukkan dengan kemunculan 2 orang misterius (makamou) yang berpakaian hitam dan membawa payung yang datang setelah kematian makamou terakhir. Dimana makamou yang terkhir tersebut memohon untuk diberikan umur yang lebih panjang dengan meminta obat, tetapi karena tidak diberi akhirnya nyawanya tidak tertolong. Padahal sebelumnya ia mencoptakan makamou dan ia yang memberi obat kepada mereka, kenapa sekarang ia malah minta obat kepada makamou yang lain? Jawaban yang mungkin benar, karena makamou misterius itulah yan menciptakan dan yang memberinya hidup, seperti yang ia lakukan pada makamau ciptaannya. Artinya ada tingkatan penciptaan dari makamou itu sendiri.

Oni
Sekarang kita bicara tentang Oni.
Kamen Rider dalam seri ini disebut Oni, tujuan utama dari Oni adalah mencari, dan membunuh para Makamou. Bila dilihat sekilas, pekerjaan para Oni ini hanyalah bertarung melawan Oni dan tidak ada yang spesial. Tapi ternyata kita salah, ada organisasi besar didalam Oni ini, dimana mereka memiliki markas, ketua, ilmuan dan penyandang dana! Jadi dengan kata lain para Oni yang konon berjumlah banyak dan tersebar di seluruh jepang ini, adalah organisasi Kamen Rider terbesar dan tertua sepanjang sejarah, karena Oni sendiri diceritakan sudah ada sejak zaman dahulu dan turun-temurun.

Yang paling menarik dari Hibiki adalah adanya murid dari sang Oni. Umumnya Oni memiliki 1 murid, seperti, Zanki dengan Todoroki sebagai muridnya, dan Ibuki dengan muridnya Akira. Terkecuali dengan Hibiki, ia memiliki 2 orang murid, Asumu dan Kiriya. Dan hanya satu yang akan menjadi Oni. Asumu sudah menjadi tokoh utama dalam serial ini, dan selalu menjadi teman bagi Hibiki dalam menghadapi Makamou, sedangkan Kiriya baru muncul belakangan dengan sikap yang menyebalkan dan ambisius. Dan yang menjadi Oni, ternyata Kiriya. Mengejutkan bukan, hal inilah yang akhirnya menjadi salah satu kekecewaan terbesar bagi para fans. Mereka bertanya-tanya, untuk apa memunculkan Asumu begitu lama dari awal episode hingga akhir episode dimana akhirnya malah dikalahkan oleh orang tidak jelas yang masuk di akhir-akhir cerita?

Jawabannya ternyata ada di episode terkhir, dan dari jawaba ini saya berkesimpulan bahwa ini adalah ending yang bagus, wlau sebagian atau hampir sebagian besar menganggap ending Hibiki jelek. Akan saya bahas lebih lengkap dilain waktu, dengan uraian mengapa ending Hibiki saya anggap bagus.
/[ 3 tanggapan Untuk Artikel KAMEN RIDER HIBIKI DAN KONTROVERSINYA]\
ryuuzaki mengatakan...

setuju...i like hibiki....otsukaresama

Terserah😅😅😅.......... mengatakan...

Satu lagi....hibiki tidak memiliki mata yg besar dan berubah menggunakan garpu tela

yosep mengatakan...

Bagus sih menurut saya desain dan bentuk sippp bgt ..tapi ceritanya sayang bgt ganti sutradara di tengah episode soalnya ... Jadi 11 kanto oni nya ga kluar pdhl keren keren sya aj punya Sic nya pdhl super Rare

Smpe skrg pun bnyk fansnya lo yg bkin sic nya..Fanmade keren soalnya

Posting Komentar

Label

20th century boys (1) CHANGMAN (1) Choushinsei Flashman Sentai (1) CUTIE HONEY THE LIVE (1) DEKARANGER (1) Den-O dipuji dan dibenci (1) Den-O OST (1) download 20cb (1) DVD (1) DVD KAMEN RIDER (1) FUMA NO KOJIRO (1) GARO SONG (1) GIRL (6) GO GO SENTAI BOUKENGER (1) Godzilla (1) Heroin (1) KAMEN RIDER (30) Kamen Rider Agito (1) Kamen Rider Black RX (2) Kamen Rider Blade (2) Kamen Rider Blade OST (1) Kamen Rider Decade (3) Kamen Rider Den-O (2) Kamen Rider Faiz/555 (1) Kamen Rider Fourze (1) Kamen Rider Gaim (6) Kamen Rider Gaim Full (1) Kamen Rider Garo (1) Kamen Rider Heisei (30) Kamen Rider Hibiki (1) Kamen Rider Ichigo-Nigo (1) Kamen Rider Kabuto (1) Kamen Rider Kiva (1) Kamen Rider Kuuga (1) Kamen Rider Ryuki (1) Kamen Rider Ryuki OST (1) Kamen Rider Showa (7) Kamen Rider Stronger (1) Kamen rider W (2) Kamen Rider Wizard (2) Kamen Rider X (1) KEISATSU WECKER SIGNA (1) KODAI SHOUJO DOGU-CHAN (1) kontroversi (1) Kontroversi Kamen rider hibiki (1) Live Action (1) Madan Senki Ryukendo (1) Metal Hero (1) METALDER (1) Mirai Sentai Time Ranger (1) Movie Decade (1) Ninpuu Sentai Hurricanger (1) OST (14) OST Kamen Rider Black (1) OST Kamen Rider Decade (2) OST Kamen Rider Hibiki (1) OST Kamen Rider Kabuto (1) OST Kamen Rider Kuuga (1) OST KAMEN RIDER SHOWA (1) OST Kamen Rider The First (1) OST Kamen Rider The Next (1) OST KR Kiva (1) Other (1) Other Rider (1) Rosetta The Masked Angel (1) RX OST (1) SAILOORMON (1) Samurai Sentai Shinkenger (1) SENTAI (2) Sentai Goseiger 2010 (1) Shin: kamen rider paling sial (1) Siklus kamen rider (1) STORY (4) Super Sentai (7) Tekkouki Mikazuki (1) TOKUSATSU STORE (1) ULTRAMAN (4) ULTRAMAN LEO (1) ULTRAMAN NEXUS (1) Ultraman Tiga (1) ULTRASEVEN (1) vanny knight (1) W Movie war (1) WINSPECTOR (1) X-GAME MAGAZINE (1) Zyuden Sentai Kyoryuger (1)